free site stats

Jangan dianggap SEPELE !! Inilah 7 Makanan Pencegah Kanker Serviks.. dan Ternyata No 4 Sangat Mudah di Konsumsi!

Ilustrasi penderita kanker serviks (shutterstock)

Ancaman dari kanker serviks tidak main-main, di seluruh dunia, kanker serviks adalah kanker keempat yang paling umum terjadi di kalangan wanita pada tahun 2012, dan belum lama artis sekaligus penyanyi Julia Perez meninggal dunia akibat Kanker Serviks, jadi seperti yang dikatakan pada judul , JANGAN dianggap SEPELE!!

Data pada 15 November 2015 yang dilansir dari Human Papillomavirus and Related Diseases Report menunjukkan kanker serviks menjadi penyakit paling mengancam nomor dua bagi perempuan setelah kanker payudara.

Laporan tersebut juga menyebut kanker serviks adalah penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita berusia 15 sampai 44 tahun di Indonesia.

Namun kamu dapat mencegah dan mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Dilansir dari healwithfood, makanan super yang tercantum di bawah ini dikenal sebagai makanan dengan nutrisi luar biasa yang bisa melawan kanker serviks. Apa saja?

1. Raspberry

Raspberry penuh dengan nutrisi dan rasa, namun kalori mereka sangat rendah. Studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi harian raspberry merah dapat mencegah perkembangan sel yang terinfeksi HPV. Efek ini sangat mungkin disebabkan oleh konsentrasi asam ellagic raspberry yang tinggi – senyawa alami yang memiliki sifat anti-mutagenik dan anti-karsinogenik.

 

2. Teh hijau

Teh hijau membantu mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks. Katekin, senyawa yang sama yang bertanggung jawab atas penurunan berat badanteh hijau, terbukti sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh hijau juga telah terbukti menekan urokinase, sejenis enzim yang dianggap memainkan peran kunci dalam metastasis sel kanker (penyebaran) pada pasien kanker serviks.

Baca Juga :  MENGEJUTKAN!! Keputusan Ronaldo untuk meninggalkan Madrid Sudah Mutlak.. Ternyata ini Alasannya !

3. Asparagus

Asparagus berada di urutan teratas daftar makanan dengan konsentrasi glutathione tertinggi (349 nM glutathione / g berat basah), ‘antioksidan master’ yang mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir.Glutathione memiliki fungsi yang meluas, banyak di antaranya dapat menyebabkan penurunan risiko kanker serviks.Sebagai contoh, glutathione telah terbukti efektif dalam melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, mendetoksifikasi zat asing seperti karsinogen, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mempengaruhi limfosit.

4. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisionalAsia untuk mengobati berbagai macam kondisi dan penyakit. Dalam beberapa tahun terakhir, juga pengobatan barat mulai memberi perhatian lebih besar pada tanaman akar jahe yang luar biasa ini. Periset telah mengidentifikasi sejumlah sifat melawan kanker dalam kunyit yang dapat membuatnya efektif melawan berbagai jenis kanker. Kunyit telah terbukti mengandung senyawa yang dapat mengidentifikasi sel kanker potensial dengan kimia abnormal mereka dan akibatnya menginduksi penghancuran diri sel berbahaya semacam itu – tanpa merusak sel sehat. Selanjutnya, kunyit mengandung senyawa antioksidan kuat dan dapat mencegah pembentukan nitrosamine dan menghambat produksi aflatoksin – dua proses yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.


5. Arugula

Arugula penuh dengan kesehatan yang mempromosikan fitokimia dan vitamin dan dengan demikian membuat pengganti selada yang hebat. Ini adalah sumber glukosinolat yang hebat yang berubah menjadi isothiocyanate saat tanaman dikunyah. Isothiocyanates diketahui menetralkan karsinogen dan menghambat proliferasi sel kanker. Konsentrasi tinggi klorofil, pigmen tanaman dengan sifat anti-kanker yang terbukti, juga dapat berkontribusi terhadap potensi efek anti kanker arugula. Arugula juga kaya akan vitamin C dan beta karoten (sekitar lima kali jumlah yang ditemukan di selada).

 

6. Telur ikan

Baca Juga :  Parah Banget !! Marah-Marah di Facebook, Lantaran Tempat Duduknya di KRL Diminta Ibu Hamil, Gitu Banget ya..

Telur ikan merupakan salah satu sumber alami DHA dan EPA terbaik yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Telur ikan mengandung lebih banyak omega-3. Sebuah penelitian, yang menganalisis lima ekor hewan laut, menemukan bahwa roe dari lumpsucker, hake, dan salmon adalah yang terkaya dalam hal asam lemak omega-3.

 

7. Kubis Brussel

Kubis Brussel membantu menghilangkan karsinogen. Jika Anda dapat mengembangkan keinginan untuk rasa mereka yang kuat dan sedikit pahit, kubis Brussel bisa menjadi salah satu tambahan terbaik untuk diet melawan kanker serviks Anda. Sayuranhijau kecil ini mengandung beberapa khasiat yang membuatnya luar biasa dalam mengurangi risiko kanker serviks. Kualitas mereka yang paling menonjol: mengandung indole-3-carbinol (I3C). I3C telah terbukti dapat meningkatkan detoksifikasi banyak zat berbahaya, termasuk karsinogen, dan memiliki sifat antioksidan. Selain itu, I3C tampak memiliki aktivitas anti-estrogenik yang dapat membantu mencegah kanker pada sel serviks.

Jangan dianggap SEPELE !! Inilah 7 Makanan Pencegah Kanker Serviks.. dan Ternyata No 4 Sangat Mudah di Konsumsi! | Alviyanti Mariyana | 4.5